PIMPINAN , PEMIMPIN DAN TIPIKAL IDEAL VERSI FAIZAL

IMG-20180402-WA0023
Drs. Faizal Kamil S.H., MH. (Ketua PA.Bengkalis, 2011-2013) diapit oleh bupati dan Wakil Bupati (Ir. H. Herliyan Soleh M.Sc. dan Drs. H. Suayatno) 17 Agustus 2012.

          Semua orang pada dasarnya dilahirkan untuk menjadi pemimpin, hanya waktulah yang akan membentuk karakter orang tersebut apakah layak menjadi pemimpin atau seorang pimpinan, dimana kita akan tetap menjadi pimpinan bagi diri kita. Ada juga yang menyatakan bahwa pimpinan ataupun pemimpin itu adalah seni. Setiap orang memiliki talenta seni dalam hidupnya.

          Pimpinan , biasanya adalah “orang yang diangkat dalam artian suka atau tidak suka bahwasanya ia akan tetap memegang suatu jabatan tertinggi didalam organisasi sedangkan pemimpin ialah orang yang mempunyai orientasi pada kesepakatan bersama, penentuan visi misi bersama, pemecahan masalah bersama, bisa membela, mengayomi ataupun mempertahankan seorang karyawan/ti sebagai SDM (Human Resources) dan aset berharga.

IMG-20180402-WA0026
photo dengan gubernur prov. Riau 2013 (Ir. Rusli Zainal)
IMG-20180402-WA0024
Saat menjadi IRUP Inspektur Upacara 17 Agustus 2016 di PA. Cianjur.

          Sosok pimpinan yang kharismatik tidaklah dibuat-buat “jaim” jaga imej, melainkan ia datang dari dalam dirinya sendiri yang tercermin apa adanya. Justru pimpinan yang low profile, rendah hati ialah tipe pimpinan yang banyak disukai oleh semua kalangan. Namun disisi lain ia “commit” dengan profesinya, dalam artian kebawah ia mengayom sedangkan ke atas tanpa menjilat (cari muka) ia tetap bisa berkompeten dan bermitra kerja. Dan pimpinan ideal sudah barang tentu merupakan dambaan staff atau anak buah, sedangkan bagi level pimpinan diatasnya ia akan memiliki pemikiran tersendiri . Sang pemimpin yang piawai menjalankan roda jabatannya. Pengalaman, pengembangandiri, serta pergaulan ialah modal dasar pemimpin tipe yang praktis dicari, disamping talenta maupun skillnya.

          Faizal Kamil, di dalam memimpin di berbagai daerah, seperti Sengeti-Jambi, Bengakalis-Riau, Cilegon-Banten, bahkan di Cianjur selalu mengedapankan komunikasi baik internal maupun eksternal, termasuk dengan FKPD (Muspida).

          Dengan mengutamakan faktor pengalaman pengembangan diri serta pergaulan di lapangan pemimpin bisa menyelesaikan semua persoalan yang dihadapi, baik saat bermasalah dengan staf, sesama rekan pejabat maupun konflik kepentingan dengan atasan.

IMG-20180402-WA0033
Memimpin do’a pada acara pelatihan KEPPH, Komisi Yudisial di  megamendung bogor 2017.

          Simpulan akhir, pemimpin, pimpinan dengan tipe yang bermacam-macam teori kepemimpinan dari berbagai macam literatur manajemen, seharusnya ialah yang bisa santun dengan atasannya, mengayomi dengan bawahannya, dan tentunya bermitra baik dengan rekan selevelnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s